Sabtu, 31 Oktober 2015

Adiwiyata Provinsi...Ayo semangat...!!

SMP A. WAHID HASYIM TEBUIRENG 

Menuju Sekolah Predikat Adiwiyata Propinsi


Kamis, 30 Juli 2015 di Taman Chandra Wilwatikta, Pandaan-Pasuruan, telah menjadi bukti atas kerja keras segenap warga civitas SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan sekolah, akhirnya berbuah manis dengan perolehan Piagam Adiwiyata Tingkat Propinsi.
 
Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT. Sang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang telah menganugerahkan rasa kasih dan cinta kepada sesama makhluk-Nya, agar kita sebagai manusia mampu menghargai setiap ciptaan dan makhluk yang ada di sekitar kita. 


Menempuh proses yang cukup panjang untuk merubah wajah sekolah agar tampak lebih hijau, asri dan bebas dari sampah, ternyata membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Upaya-upaya untuk menegakkan kedisiplinan siswa dan menanamkan pendidikan karakter tentang pentingnya menghargai lingkungan, hampir setiap waktu dilakukan. Semua unsur dari sekolah dilibatkan dalam menjaga dan merawat lingkungan. Tidak hanya tukang kebun, namun dari pihak pimpinan, staf, guru hingga siswa, dilibatkan dan turun tangan langsung dalam proses pembudayaan karakter tersebut. Memang pada mulanya semua terasa sulit dan berat untuk dilakukan. Namun dengan proses yang bertahap dan berkelanjutan, lambat laun semua berubah menjadi lebih baik.

Meskipun saat ini penghargaan adiwiyata tersebut sudah diterima, akan tetapi di sisi lain, tantangan yang lebih berat menghadang di depan mata. Tantangan untuk bisa menjaga, mempertahankan atau bahkan meningkatkan apa yang telah dicapai selama ini, merupakan batu pengganjal yang perlu disingkirkan bersama-sama. Belum lagi fluktuasi mental dan karakter para warga sekolah untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, juga bisa mengancam prestasi yang telah dicapai tersebut. Saling mengingatkan dan memotivasi merupakan salah satu jalan terbaik agar proses pembudayaan dan penanaman karakter dalam rangka menjaga kebersihan, merawat lingkungan dan melestarikan alam sekitar, yang telah ditanamkan selama ini, tidak mudah pudar dan hilang di telan waktu.
Bravo SMP A. Wahid Hasyim ...
Jaya SMP Adiwiyata ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar